BNPB diminta Ridwan Kamil kaji Patahan Lembang

BNPB Diminta Ridwan Kamil Kaji Patahan Lembang


 PATAHAN LEMBANG

INFO LEMBANG - Patahan adalah retakan pada kulit bumi dengan dua sisi bergerak berlainan arah serta berpotensi menimbulkan gempa. Sedangkan Patahan Lembang yaitu patahan yang membentang dalam bentuk bukit sepanjang 25 kilometer di wilayah utara Bandung (KBU) yang berjarak hanya 15 kilometer dari pusat Kota Bandung. Bahayanya, kini di atasnya berdiri ribuan bangunan.
Keberadaan Lembang, Kab.Bandung Barat (KBB) yang terletak tepat di daerah patahan atau biasa dikenal Patahan Lembang menjadikan wilayah ini terancam gempa besar yang kekuatannya diperkirakan mencapai 6,7 hingga 7 Skala Richter. Siklus gempa patahan itu antara 400 hingga 700 tahun. Gempa terakhir, terjadi 500 tahun silam. Namun, hingga kini informasi soal sejarah pergerakan tanah di Patahan Lembang masih minim.

BNPB Diminta Ridwan Kamil Kaji Patahan Lembang
Oleh karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut Walikota Bandung Ridwan Kamil mengadakan pertemuan dengan perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Pendopo Bandung (19 Mei 2016).
BNPB diminta Ridwan Kamil kaji Patahan Lembang untuk membuat rumusan road map penanggulangan kebencanaan nasional, meneliti dan mengkaji tentang potensi bencana gempa bumi yang bisa ditimbulkan oleh Patahan Lembang sebagai salah satu ancaman paling nyata untuk Kota Bandung.
Hasil kajian itu, sambung Emil, akan dijadikan sebagai pedoman Pemkot Bandung untuk mengeluarkan kebijakan terkait tata ruang dan struktur bangunan dan untuk mengetahui daerah mana di Kota Bandung yang masuk skenario terparah akibat gempa patahan Lembang kelak.
sumber: KOMPAS
Previous
Next Post »
Thanks for your comment