Lapang gunung sari lembang yang tinggal kenangan

Info lembang - Lembang dikenal tak hanya sebagai pemasok sayuran, namun juga pemasok pesepakbola handal.Diantaranya adalah Encang Ibrahim, Robi dan Roy Darwis, Yudi Guntara, Erik Setiawan, Tantan, dan pemain lainnya. Sumbangsih ini tidak terlepas dari adanya kompetisi pesepakbola usia muda yang di gelar di salah satu lapangan yang sangat legendaris bagi orang Lembang yakni stadion Gunungsari yang terletak di dekat Pasar Panorama Lembang.

Namun sayang seribu sayang, kini keberadaan lapangan tersebut telah hilang akibat pembangunan ruko yang dinilai lebih menguntungkan secara finansial bagi sekelompok pihak, ketimbang sebagai sarana olahraga yang merakyat. Alih fungsi lahan sepakbola menjadi ruko ini terjadi pada tahun 2013, sebagaimana dikutip oleh Tribun Jabar, Abah Hendi terkaget-kaget ”Entah bagaimana ceritanya, kok tiba-tiba lapang yang sangat terkenal ini kini malah dibangun menjadi pertokoan,”
Alih fungsi lapangan sepakbola itu sangat disesalkan Hendi. Sebab, secara otomatis pembangunan ruko yang kini masih berlangsung itu akan mengubur sejarah, momen manis, serta ikon masyarakat Lembang. Selain itu, tidak akan terlihat lagi pemandangan bocah- bocah yang sedang main bola di Lapang Gunungsari tersebut.

Sambil menerawang, pria berambut putih itu mengingat kembali masa-masa indah yang dialaminya beberapa dekade lalu. Ia bercerita, hampir setiap sore, ia kerap menyaksikan anak-anak dan remaja Lembang bermain sepakbola di Stadion Gunungsari tersebut.
“Meski sekarang sudah ada lapang lain, rasanya para orangtua seperti saya pasti sedih melihat lapang beralih fungsi. Robby Darwis juga mungkin sedih,” ujar pria pecinta sepakbola ini.
Meski demikian sebagai masyarakat kecil, Hendi tidak bisa berbuat banyak. Sebab, alih fungsi lahan atau tukar guling lahan demi kepentingan bisnis itu melibatkan berbagai pihak yang menurutnya memiliki uang dan kekuasaan.
Warga lainnya, Dasep (48), menyatakan hal senada. Seingat dia, Lapang Sepakbola Gunungsari merupakan lahan milik pemerintah KBB. Namun, entah bagaimana caranya, tiba-tiba Lapangan Gunungsari dimiliki oleh pihak swasta. Tak berselang lama, lapangan pun disulap menjadi bangunan.
Kini (2016) muncul perselisihan antara pemilik lahan dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, seperti dilansir beberapa media daring disebutkan bahwa Bupati Bandung Barat, Abubakar menegaskan, Lapangan Gunungsari yang terletak di Kecamatan Lembang merupakan aset pemerintah Pemkab Kabupaten Bandung Barat. Penguasaan aset oleh perorangan itu membuat Pemkab Bandung Barat mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Bale Bandung. Rencananya bila gugatan itu dimenangkan oleh pemerintah, lapangan gunungsari akan dikembalikan fungsinya sebagai lapangan sepakbola.
pic kangsony sma kang indra
lembang heritages
Previous
Next Post »
Thanks for your comment